Senin, 20 Juli 2009

Arti Sebuah Kehidupan

Sahabat, senang hari ini saya dapat berjumpa dengan sahabat semuanya dihari yang cerah dan gemilang ini. Salam sejahtera buat sahabat tercinta semuanya.

Sahabat, tanpa terasa waktu telah berlalu dari hadapan kita. Dan berkat bimbingan serta ridho-NYA, kita masih bisa berbuat banyak dalam hidup ini. Dan perkenankan kali ini saya berbagi tentang arti dan makna hidup ini, sejauh yang saya pahami selama ini.

Sahabat, hidup kita ini akan memiliki arti dan berarti bagi segenap alam semesta manakala dalam kehidupan ini, diri kita senantiasa mengembangkan dan menumbuhkan rasa cinta kasih, kebaikan, serta kearifan dan kebijaksanaan dalam menjalaninya. Cinta kasih yang seperti apakah yang pantas kita kembangkan dalam hati kita? Cinta kasih yang tidak mengikat diri kita, cinta kasih yang membebaskan diri kita dari segala belenggu-belenggu dan pembatasan-pembatasan dalam berbagi. Berbagilah cinta kasih selama itu memang layak untuk kita bagi kepada seluruh mahluk tanpa terkecuali. Berbuat baiklah semampu yang dapat kita lakukan, terhadap siapa pun jua. Berbuat baik, dengan membersihkan diri dari perasaan mengharap pujian dan balasan pahala. Itulah jiwa orang yang arif dan bijaksana, dimana segala tindakkan sudah tidak mengharapkan balasan. Jiwa yang sudah menyatu dengan nilai-nilai Illahiah, bukankah Allah, selalu berbuat baik kepada seluruh umat-NYA tanpa pernah meminta imbalan dari hamba-hamba-NYA?

Sahabat, lakukanlah hal yang terbaik yang bisa sahabat lakukan, karena rasa cinta, karena kasih sayang, dengan penuh simpatik. Cinta yang universal, bukan cinta yang akan mengikat diri kita. Semoga dunia selalu memberikan kesempatan kepada diri kita untuk berbuat baik dan mengembangkan dhamma.

”Kehidupan bagaikan buih yang lalu lalang di atas gelombang samudra,
Hanya dua hal yang nampak jelas bagaikan batu karang;
Belas kasihan kepada penderitaan orang lain,
Dan keberanian yang harus ada pada diri sendiri.”

Sahabat, sadarilah dan renungilah semoga Allah berkenan pada diri kita.

SocialTwist Tell-a-Friend

Tidak ada komentar:

Posting Komentar